Monday, December 24, 2012

[NOVEL REVIEW] Seoul Cinderella

Judul : Seoul Cinderella
Penulis : Lia Indra Andriana
Genre : Fiksi, Romantis
Terbit : September 2012
Penerbit : Penerbit Haru
Harga : Rp 32.000,-
Rating : 4/5
SINOPSIS :
Aku memandangi wajah di depanku dan menyadari bahwa ia seorang Cinderella. Seorang Cinderalla pasti pandai memasak, kan? Ia membuatkanku sebuah masakan, tapi aku tahu ia menghidangkan makanan siap saji yang entah ia beli dari mana.
Lalu, apa yang ia lakukan berpura-pura menjadi seorang Cinderalla? Ah, manusia jadi menarik jika punya rahasia, kan?

Ketika semua kenangan pahitmu terkuak, apa yang akan kau lakukan?
Memaafkan atau membalas dendam? 

Nia adalah seorang TKW Indonesia yang bekerja di salah satu perumahan Gangnam. Saat diwawancarai oleh Lee Yu Hwa, nyonya pemilik rumah, Nia dengan percaya diri bahwa ia mahir memasak makanan negara asalnya, Indonesia.
Bagus, bukan? Dengan keterampilannya itu, ia langsung diterima sebagai pembantu saat itu juga. Akan tetapi, masalahnya adalah Nia tidak bisa memasak sama sekali!

Kisah hidupnya sebagai TKW pun berlanjut saat Lee Hyun Jun, adik Lee Yu Hwa, diberikan seorang pembantu oleh kakaknya itu. Dengan terpaksa, Nia menjadi pembantu di apartemen Hyun Jun dan ditugaskan untuk memasak masakan Indonesia. Pertama, ia memasak rawon-dengan nekat, Nia membelinya di restoran masakan Indonesia dekat kantor Hyun Jun. Kedua, "Gosong Fried Rice".

Apa lagi yang akan dimasak oleh Nia? Kapan sih kebohongannya akan terungkap? Penasaran dengan alasan Nia yang bisa menjadi TKW di Korea? Pasti tidak sabar dengan kisah cinta (udah pasti) yang terjadi antara Nia dan Hyun Jun, kan?
Baca cerita selengkapnya di novel Seoul Cinderella, ya.. ^^

 
Novel ini terbit pertama kali pada tahun 2007, diterbitkan oleh Penerbit Andi. Kali ini Kak Lia merevisi novel ini dengan pengetahuannya tentang Korea yang lebih matang dari sebelumnya karena ia hanya mengandalkan internet saat pertama kali menyusun naskah novel ini. Saat ia mempunyai ide untuk merevisi, beliau sedang ada di Korea dengan status "pelajar asing" yang sedang belajar bahasa Korea di Sung Kyun Kwan University loh!! Keren, kan? Nah dari situlah beliau merasa perlu merivisi novel ini dengan banyaknya info yang ia dapatkan dari sonsaengnim dan temannya selama ia belajar di Korea.

 

Awalnya, saat aku membaca bab pertama dan kedua novel ini, aku benar-benar bosan. Apalagi didukung dengan besarnya font yang menurutku itu font 14 (correct me if i'm wrong). Hal itu membuatku tidak banyak berharap dengan kelanjutan cerita novel ini. Tapi aku tetap penasaran dengan jalan ceritanya. Kisah Nia akan berlanjut seperti apa, sih?? Eh, ternyata aku tidak salah untuk terus membacanya.

Semuanya mulai jelas saat memasuki konflik cerita, karena awalnya memang tidak diberitahu alasan jelas mengapa Nia menjadi TKW. Banyak konflik yang akan membuat kita berdebar-debar dan terus menebak kelanjutan cerita yang disuguhkan Lia dengan manis nan pahit ini, sehingga kita akan terus dituntun untuk melangkah pasti di tiap halaman itu. Novel ini bisa membuat nafas tercekat, tidak hanya karakter di dalamnya tetapi pembaca juga––termasuk aku. Perasaan sedih juga menyelimutiku saat mengetahui semua kenangan pahit yang dimiliki Nia dan Hyun Jun. Benar-benar ironis. 

After all, kuberikan 4 bintang untuk novel ini ^^. Bagiku, cerita pembukanya kurang greget, tetapi mungkin kalian mempunyai pikiran yang berbeda denganku. Hehehe Semuanya berada di masalah perbedaan selera dan pemahaman cerita menurut masing-masing pribadi. Pokoknya konfliknya top deh!! ^^

No comments:

Post a Comment